Pengertian Root. Apa Itu Root? Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Posted on

Apa itu Root – Para pengguna smartphone pasti sering mendengar istilah ‘Root’. Tetapi mayoritas mereka tidak mengatahui dan memahami Apa Itu Root.

Apa itu Root

Apa itu Root?

Secara garis besar Root adalah sebuah proses pengambil alihan kontrol terhadap sebuah perangkat yang memiliki sistem operasi, seperti android. Selama ini di smartphone kamu ada beberapa bagian yang tidak bisa kita akses secara bebas, atau biasa kita sebut sebagai bawaan smartphone. Sebagian produsen smartphone memilih untuk mengunci sistem operasi pada smartphone besutan mereka yang dikenal dengan istilah Lock Bootloader. Banyak alasan kenapa smartphone kita punya sistem operasi yang bisa diakses dan diubah sesuai keinginan kita, dan juga ada sistem operasi yang tidak bisa kita ubah semau kita. Di antara alasan itu adalah untuk menjaga smartphone kita dari virus-virus berbahaya yang akan membuat smartphone kita rusak.

Selain itu ada beberapa aplikasi bawaan yang tidak boleh dihapus oleh karena terikat kontrak dengan pengembang aplikasi. Oleh karena itu beberapa fitur di smartphone kita sengaja dikunci oleh pihak pabrikan.
Tetapi untuk kamu yang ingin memiliki akses penuh atau ingin mengontrol semua aktfitas di smartphone, kamu dapat mengakses Root dan membuka semua kunci sistem yang ada di smartphone. Nah, sekarang kamu sudah bisa sedikit memahami Apa Itu Root HP ? Jadi, jika kamu ingin mengatur sendiri semua aktifitas di smartphone kamu secara menyeluruh tanpa batasan, maka gunakanlah akses Root. Tetapi kamu harus mempelajari dengan seksama terkait Manfaat Root Hp, kelebihan, serta kerugiannya.

Manfaat Root Android

Manfaat Root Android

Di atas telah kita kupas secara umum Apa Itu Root Android, sekarang mari kita ulas mengenai Manfaat Root Android. Apa manfaat yang mungkin akan kamu peroleh dengan mengakses Root Android pada smartphone kamu. Setidaknya ada 5 Manfaat Root Android yang bisa kamu dapatkan.

1. Adanya Akses Penuh Terhadap Android Kamu

Dengan adanya Manfaat Root Android, kamu bisa melakukan insert, update, dan delete beragam aplikasi dan sistem yang sedang beroperasi di smartphone kamu. Selain itu sistem operasi yang ada di smartphone juga bebas diutak atik semau kamu. Artinya tidak ada lagi sistem operasi yang harus mengikuti aturan produsen smartphone.

2. Mampu Meningkatkan Kinerja Dan Performa Smartphone

Manfaat Root Android selanjutnya adalah kamu bisa mengoptimalkan kinerja smartphone kamu ketika smartphone kesayangan kamu mulai berjalan lambat akibat menjalankan aplikasi secara multitasking. Dengan Root Android kamu bisa mengatur aplikasi yang menjadi prioritas dan aplikasi yang tidak dibutuhkan oleh smartphone kamu. Walaupun aplikasi itu pada awalnya adalah aplikasi bawaan dari produsen smartphone.

3. Bisa Memindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal

Sering sekali kita mengeluhkan kapasitas memori internal yang cepat penuh, sehingga kita tidak leluasa untuk mengunduh aplikasi lain yang kita butuhkan. Di sinilah Manfaat Root Android ini muncul. Dengan mengakses Root Hp, kamu bisa memindahkan aplikasi yang ada di memori internal ke dalam memori eksternal. Dengan cara ini kamupun makin leluasa mengunduh aplikasi lain yang kamu inginkan.

4. Mengetahui Seluk Beluk Sistem Operasi

Kamu tentu ingin tahu bagaimana sistem operasi android kamu berjalan dan berfungsi. Dengan adanya Manfaat Root Hp ini, kamu akan dipaksa untuk mengetahui seluruh komponen yang ada di smartphone kamu.

5. Back-up data jadi lebih mudah

Saat smartphone kamu sudah penuh dan jalannya jadi lambat, adanya Manfaat Root Hp Android, kamu bisa memindahkan aplikasi dan data-data yang ada di smartphone kamu ke dalam memori eksternal atau laptop.

Kelebihan Root

Kelebihan Root

Setelah mengetahui Manfaat Root Android, sekarang mari kita bahas Kelebihan dan Kekurangan Root tersebut. Banyak kelebihan serta tidak sedikit pula kekurangan yang akan kamu dapatkan saat kamu memutuskan memegang penuh akses sistem operasi android kamu dengan menggunakan akses Root. Berikut beberapa Kelebihan Root yang akan kamu peroleh:

1. Menghapus Aplikasi Bawaan

Hampir semua produsen smartphone selalu melengkapi perangkat produksinya dengan berbagai aplikasi yang kita sebut dengan aplikasi bawaan, yang tentu juga bakal memakan ruang di memori internal kamu. Oleh karena itu, saat kamu ingin menginstal aplikasi-aplikasi lain yang lebih kamu butuhkan, smartphone kamu akan berjalan lambat. Dengan mengakses Root Android, kamu dapat menghapus aplikasi-aplikasi bawaan yang tidak terlalu kamu butuhkan.

2. Back-up dan Restore Aplikasi

Smartphone kamu akan berada dalam kondisi prima jika kamu melakukan Factory Reset secara berkala. Tetapi setelah melakukan reset tentu kamu harus menginstal ulang semua aplikasi yang kamu butuhkan. Nah, jika kamu sudah Ngeroot Andoid kamu, maka tidak perlu lagi mengunduh ulang aplikasi-aplikasi tersebut. Cukup dengan memback-up data kamu melalui aplikasi Titanium Backup.

3. Kontrol Kernel dan CPU

Keuntungan selanjutnya yang akan kamu peroleh adalah mampu melakukan overlock pada CPU Smartphone yang menjadikan smartphone kamu terasa lebih cepat dan ringan.

4. Menghindari Wakelock

Wakelock adalah aplikasi yang terus berjalan walau tidak digunakan saat smartphone kamu digunakan. Dengan adanya Manfaat Root Android, kamu dapat membuat aplikasi-aplikasi tersebut berada dalam mode hibernasi, sehingga menjadikan android kamu lebih cepat dan lebih hemat baterai.

5. Mengedit Build Prof

Mengoptimalkan kinerja smartphone kamu dapat dilakukan dengan melakukan edit build prof yang dapat membuat baterai, memori dan berbagai sistem di android kamu berjalan maksimal.

Kekurangan Root

Kekurangan Root

Memiliki banyak kelebihan, Root juga mempunyai beberapa resiko yang bisa saja terjadi pada smartphone kamu, berikut beberapa Bahaya yang disebabkan Akibat Hp Di Root:

1. Hilangnya Garansi Smartphone Kamu

Tentu saja pihak vendor tidak mau bertanggung jawab jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada smartphone kamu setelah mengetahui bahwa smartphone kamu telah di Root sebelumnya. Karena mereka tentu beranggapan bahwa sistem operasi yang berlaku pada smartphone kamu tidak lagi sistem yang diatur pabrik. Jadi jika terjadi kesalahan, mereka berpendapat itu bukanlah kesalahan mereka.

2. Tidak Bisa Meng-update Sistem Operasi Secara OTA

Saat melakukan proses Root-ing ada beberapa sistem bawaan yang ikut terhapus. Hal ini mengakibatkan smartphone kamu tidak bisa lagi melakukan update OS dengan menggunakan OTA (Over the Air) atau sistem update langsung dari smartphone kamu.

3. Semakin Lebarnya Celah Keamanan

Alasan utama penggunaan Root Android adalah agar kamu bisa menyisipkan berbagai sistem di luar sistem bawaan smartphone. Aktifitas ini akan memberikan peluang kepada para hacker dan virus untuk merusak sistem smartphone kamu. Oleh karena itu pikirkan baik-baik sebelum melakukan Root pada android kamu guna menghindari resiko yang ditimbulkan Akibat Hp Di Root.

4. Menjadikan Performa Smartphone Kamu Menurun

Proses Rooting bukanlah hal yang mudah dan tidak semua smartphone mampu melakukan rooting. Banyak kasus yang menyebutkan bahwa setelah proses Rooting, performa smartphone menjadi menurun atau lebih lambat. Bahkan yang lebih fatal, smartphone kamu tidak bisa lagi melakukan fungsinya dengan sempurna setelah dilakukannya Rooting.

5. Malfungsi Pada Smartphone

Sebelum melakukan rooting pastikan bahwa kamu sudah memahami prosedur rooting dan mengetahui semua seluk beluk setiap komponen yang ada di smartphone kamu. Hal ini dimaksudkan supaya tidak terjadi gagal fungsi pada smartphone kamu.

Demikian ulasan mengenai Apa Itu Root secara umum, Apa Itu Root Hp, Manfaat Root Android, serta Kelebihan dan Kekurangan Root. Ingat selalu sebelum Ngeroot Android kamu harus mengetahui cara mengakses Root, menggunakannya, serta memahami semua bagian di smartphone kamu. Semoga bermnafaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *